MENYOAL MENTAL BURUH

Oleh : Jlitheng Suparman

Sesungguhnyalah mental buruh sangat mengganggu produktivitas maupun kualitas karya. Mentalitas buruh akan bergerak kalau ada uang, kesukesan akan selalu diukur dengan uang.

Mentalitas buruh adalah sebuah mentalitas atau watak yan…g lahir dari budaya industri. Industri merupakan sebuah sistem produksi yang bertujuan meraih keuntungan sebesar-besarnya. Keuntungan itu hanya dinikmati oleh pemilik modal (kapitalis), buruh dan ahli berada di bawah naungannya dalam posisi sebagai alat produksi. Maka dalam paradigma industri, karya (produksi) tidak diperuntukkan bagi kemslahatan manusia, melainkan semata-mata untuk meraih keuntungan finansial. Visi dan misinya hanya mengutamakan pemilik modal (sang juragan).

Budaya industri berdasar pada sistem kapitalisme. Kata seorang alhli, kapitalisme bercirikan paradigma yang berupaya melepaskan ilmu ekonomi dari semua kaitan transendental dan kepedulian etika, agama dan nilai-nilai moral. Pendekatan yang sangat sekuler dan berorientasi duniawi, positivistik dan pragmatis. Lebih dari itu, ilmu ekonomi, berkembang sebagai sebuah disiplin yang semata-mata mengitari pusat kepentingan diri, usaha pribadi, mekanisme pasar dan motif mencari keuntungan semata.

Nah. Kalau kesenian sudah masuk ke ranah industri, mau tidak mau dia akan mengutamakan orientasi pasar. Visi-misinya keuntungan ekonomi. Perihal nilai (moral-spiritual) sudah tidak lagi dianggap sebagai kompetensinya. Maka tak aneh bila kesenian kemudian tercerabut dari akar budayanya, tak lagi menjalani fungsi sosialnya, tak lagi menjadi sumber pencerahan bagi masyarakat, karena memang hanya berorientasi ke pasar (uang) bukan ke masyarakat (hidup dan kehidupan). Sumangga kalau mau berbondong-bondong menuju industri dan menjadi pribadi-pribadi juragan atau malah terperosok sebatas menjadi buruh…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: