Layanan Pemda Terbanyak Dikeluhkan

Layanan Pemda Terbanyak Dikeluhkan
* Ombudsman RI Kunjungi Radar Magelang

MAGELANG – Pemerintah daerah (Pemda) menempati urutan teratas sebagai lembaga negara yang dilaporkan ke Ombudsman RI Kantor Perwakilan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) dan Jawa Tengah menyangkut layanan publiknya. Menurut data triwulan II (April-Juni) 2011, terdapat 23 laporan tentang layanan publik Pemda.

Disusul kepolisian… 11 laporan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) 6 laporan, institusi pemerintah (nondepartemen) 4 laporan. Berikutnya BUMN dan kejaksaaan masing-masing 3 laporan. Sedangkan peradilan, PTN, dan BUMD masing-masing 2 laporan. Total terdapat 56 lembaga negara yang menjadi terlapor.

Data tersebut diungkapkan H Kardjono Darmoatmodjo SH, kepala perwakilan Ombudsman RI untuk wilayah DIJ dan Jateng saat berkunjung ke Kantor Redaksi Radar Magelang, Selasa (9/8). Rombongan Kardjono empat orang termasuk Asisten Ombudsman Nurkholis Fahmi.

Dijelaskan Kardjono, pelayanan publik yang jadi wilayah pengawasan Ombudsman RI adalah yang dilakukan penyelenggara negara dan pemerintahan. Termasuk Badan Usaha Milik Negera (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Badan Hukum Milik Negera (BHMN) serta badan swasta atau perseorangan yang sumber dananya dari APBN/APBD.

‘’Jadi, masyarakat bisa menyampaikan pengaduan menyangkut pelayanan publik oleh mereka. Berikutnya, kami akan melakukan beberapa tindkan,’’ ujar Kardjono.

Sebagai contoh dari 56 lembaga negara/pemerintahan yang jadi terlapor pada triwulan II 2011, kata Kardjono, pihaknya sudah melakukan tindakan klarifikasi 26 kali, pemberitahuan 7 kali, dan konsultasi 1 kali. Namun dari 56 laporan masyarakat tersebut, ada 21 laporan yang datanya kurang lengkap.

‘’Yang terbaru kami juga mendapatkan laporan soal Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) dari sebuah LSM di Kendal, Jateng,’’ ujar Kardjono.

Dia menambahkan, ada juga seorang dosen yang lapor soal tunjangan profesinya yang tak cair. Sang dosen itu berstatus PNS namun diperbantukan di kampus swasta. Pihaknya kemudian berkoordinasi dengan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) dan dinas terkait untuk menanganinya.

Sebenarnya terhadap laporan-laporan yang masuk, kata Kardjono, Ombudsman bisa memberikan rekomendasi setelah melakukan langkah-langkah tindak lanjut. ‘’Namun, rekomendasi hanya dikeluarkan oleh Ombudsman RI di pusat. Ombudsman perwakilan hanya bisa mengoordinasikan, tak bisa mengeluarkan rekomendasi,’’ paparnya.

Berkaitan tugas Ombudsman yang sudah dilaksanakan di wilayah Magelang, kata Kardjono, adalah monitoring program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang dan SDN I Deyangan Kecamatan Mertoyudan. Salah satu hasilnya: pelaksanaan, persyaratan, dan pelaporan dana BOS 2011 lebih berat dibandingkan tahun 2010. Sebab, ada perubahan sistem baru dan kendala keterbatasan SDM (tidak ada Tu atau bendara BOS tingkat SD). Sehingga tugas itu dirangkap guru pengajar hingga menyebabkan aktivitas guru pengajar terganggu.

Kardjono menambahkan, secara rinci tugas Ombudsman adalah menerima laporan dugaan maladministrasi penyelenggaraan pelayanan publik. Kemudian, memeriksa, menindaklanjuti, menginvestigasi atas prakarsa sendiri. Berikutnya berkoordinasi dengan lembaga negara/ pemerintahan serta membangun jaringan kerja. Termasuk juga mencegah maladministrasi dalam pelayanan publik.

Masyarakat yang punya keluhan terhadap pelayanan publik bisa langsung melapor ke kantor Ombudsman RI, langsung ke kantor perwakilan DIJ dan Jateng di Jl Wolter Monginsidi 20 Karangwaru, Tegalrejo, Jogjakarta. Atau bisa juga lapor via telepon. ‘’Untuk via telepon, silakan menghubungi 0274-565314,’’ ujarnya. Dijelaskan, laporan yang masuk dan penanganannya tidak dipungut biaya. (kim)

Materi disadur dan disebarluaskan dari koran harian RADAR MAGELANG


One response to “Layanan Pemda Terbanyak Dikeluhkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: