5 TV Berebut Channel Magelang

5 TV Berebut Channel Magelang
* Di Purworejo, Tiga Stasiun TV

MAGELANG – Lima stasiun televisi berebut dua channel yang tersisa di Kota dan Kabupaten Magelang. Perizinan mereka yang masuk sejak dua tahun dan sempat mandek kembali ditindaklanjuti oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah. Kamis (18/8), kantor kelima tv tersebut ditinjau komisioner KPID Jateng difasilitasi petugas Dinas Perhubungan Kota dan Kabupaten setempat.

Kelima stasiun tv tersebut itu antara lain Mendut Borobudur Televisi (MBO) Televisi, Ekspres Magelang TV, Tidar Media, MTA (Majelis Tafsir Alquran) TV, dan Viva Sport. ’’Jadi ada empat tv lokal dan satu tv nasional. Yang nasional Viva Sport,’’ ujar komisioner KPID Jateng Budi Sudaryanto saat meninjau MBO TV yang kantornya menempati Gedung Radar Magelang di kompleks Armada Estate, Kelurahan Kramat, Magelang Utara, kemarin.

Direktur MBO TV Adib Lazwar Irkhami mengatakan, kedatangan KPID itu untuk melakukan pemeriksaan kelayakan serta keseriusan permohonan, administrasi, dan lainnya. Verifikasi meliputi pemeriksaan peralatan, kelengkapan kantor, dan tenaga yang bekerja di stasiun tv tersebut. ”Setelah ditinjau, semua persyaratan sudah lengkap dan tinggal menunggu proses selanjutnya,” ujar Adib usai peninjauan.

Adib optimistis MBO TV yang satu grup dengan Jawa Pos Televisi (JTV) bisa mendapatkan channel karena potensi perkembangan televisi di Kota Magelang masih terbuka lebar. ’’MBO TV paling awal mengajukan perizinan di Kota Magelang dan mendapat dukungan banyak tokoh masyarakat, ketua DPRD, dan wali kota saat itu,’’ ujarnya.
Adib menambahkan televisi lokal bisa meningkatkan potensi daerah, ekonomi, budaya, sosial, bukan hanya Kota Magelang tetapi juga daerah sekitarnya. Yang sudah pasti, kata dia, tv lokal di Kota Magelang juga membuka lapangan pekerjaan baru.

Kapan bisa mengudara?
Menurut Adib setelah verifikasi administratif dan factual kemarin, tahapan beriktunya adalah pengumuman lulus tidaknya. Setelah itu baru tahap Evaluasi Dengar Pendapat (EDP). ’’Di sini dilakukan pembedahan secara detail tentang program dan hal-hal lainnya, dengan menghadirkan tokoh masyarkat, LSM, anggota DPRD, pejabat terkait, dan stakeholder Kota Magelang lainnya,” terang dia.

EDP harus dilalui untuk mendapatkan dukungan dan menerima masukan tentang kelayakan penayangan siaran televisi tersebut. ”Dari EDP ini nanti aka nada persetujuan atau penolakan masyarakat atas permohonan dan perpanjangan Izin Penyelenggara Penyiaran (IPP),” kata Adib yang juga wartawan Jawa Pos tersebut.

Setelah lolos EDP, baru KPID Jateng mengirimkan IPP stasiun tv bersangkutan ke pusat. Berikutnya proses berlangsung di KPID pusat, dan Sistem Komunikasi Dokumentasi dan Informasi (SKDI), serta Pusat Telkomunikasi (Pustel). Setelah itu tv yang bersangkutan baru mendapatkan izin pelayanan selama satu tahun. ”Setelah perizinan dan percobaan penyiaran sukses, siaran televisi baru diperluas melalui pemancarnya,” tandas dia.

Menegaskan kembali pernyataan Adib, Komisaris MBO TV Erwin Widiarto optimistis bisa mendapatkan channel di Kota Magelang karena sudah didukung berbagai pihak mulai ketua DPRD, wali kota Magelang, dan tokoh masyarakat saat permohonan izin. ’’Kita paling awal mengajukan izin, yakni pada 2009 dan menyiapkan program yang berkualitas,’’ ujarnya.
Kehadiran televisi lokal ke depan bukan hanya di Magelang tetapi juga kabupaten-kabupaten lain. Untuk Kabupaten dan Kota Magelang awalnya tersedia empat channel. Dua channel sudah dipakai oleh TA TV dan MG TV. Siaran Terang Abadi (TA) TV dan Mataram Gapura (MG) TV sudah dipancarkan dan bisa disaksikan masyarakat Magelang. Nah, dua channel lainnya sedang diperebutkan oleh kelima stasiun televisi tersebut di atas.

Kemarin, KPID Jateng juga meninjau tiga stasiun televisi di Purworejo yang memperebutkan channel di kabupaten setempat. Satu channel untuk Salatiga-Temanggung disebutkan belum ada peminatnya. Demikian juga channel di Wonosobo kurang peminat. (mun/kim)

Materi disadur dan disebarluaskan dari koran harian RADAR MAGELANG


2 responses to “5 TV Berebut Channel Magelang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: